Program Studi Keuangan dan Perbankan (D3)
VISI
Prodi Keuangan dan Perbankan menjadi Program Studi yang Diakui secara Nasional dan Internasional, mampu Bersaing, Akuntabel, Berkarakter dan Beretika dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang keuangan dan perbankan. .
MISI
1. Melaksanakan pendidikan tinggi vokasi dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang keuangan dan perbankan yang diakui nasional dan internasional, unggul, berkarakter dan beretika”.
2. Melaksanakan dan mengembangkan penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat bidang keuangan dan perbankan sesuai perkembangan dunia usaha dan dunia industri.
3. Meningkatkan kualitas manajemen jurusan, melalui perbaikan berkelanjutan berdasarkan prinsip tata kelola yang baik;
4. Menghasilkan sumber daya manusia yang profesional, berkarakter dan beretika; dan
5. Memperluas jaringan kerjasama di tingkat nasional dan internasional.
TUJUAN
1. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang keuangan dan perbankan yang profesional, berkarakter dan beretika dan diakui dunia usaha dan dunia industri
2. Melaksanakan dan mengembangkan pengetahuan, penelitian terapan dan pengabdian masyarakat bidang keuangan dan perbankan yang mampu memberikan kemanfaatan bagi industri dan masyarakat
3. Meningkatkan kualitas manajemen Prodi melalui perbaikan berkelanjutan berdasarkan tata kelola yang baik
4. Menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten, professional, berkarakter dan beretika;
5. Mewujudkan kerjasama guna mendorong kepakaran bidang keuangan dan perbankan yang bermanfaat dan diakui secara nasional dan internasionalKelima tujuan tersebut merupakan kesatuan konsep dengan visi dan misi, sehingga setiap butir tujuan merupakan petunjuk arah pencapaian sasaran dengan indikator kinerja yang terukur. Setiap indikator kinerja merupakan indikasi kuantitatif pencapaian secara keseluruhan.
SASARAN STRATEGIS
Politeknik Negeri Semarang sebagai penyelenggara pendidikan tinggi vokasi menetapkan sasaran strategis sebagai penjabaran dari tujuan strategis khususnya dalam bidang teknologi, ekonomi dan bisnis, yaitu:
a. Meningkatnya kualitas dan daya saing lulusan berbasis kompetensi, pengembangan program pembelajaran teaching industry serta daya saing ditingkat nasional dan atau internasional dibidang keuangan dan perbankan
b. Meningkatnya publikasi karya ilmiah dan karya kreatif-inovatif sivitas akademika dibidang keuangan dan perbankan
c. Meningkatnya kualitas manajemen perguruan tinggi modern dalam pengelolaan pendidikan dengan tatakelola manajemen prodi yang berkualitas
d. Meningkatnya sumber daya dosen dan tenaga pendidik yang kompeten dan professional dibidang keuangan dan perbankan
e. Meningkatnya kerjasama yang mendorong kepakaran dan peran dosen bidang keuangan dan perbankan terhadap pemangku kepentingan
Lulusan program studi ini memperoleh ijazah kelulusan dengan gelar Ahli Madya (A.Md.Bns) Keuangan dan Perbankan serta beberapa sertifikat kompetensi kerja mengacu pada Kepmenakertrans No. 29/Men/II/2008 tetang SKKNI Lembaga Keuangan Mikro bukan Bank, dan SKKNI No. 133/Men/III/2007 tetang SKKNI Koperasi Jasa Keuangan, No. 30/Men/II/2008 tetang SKKNI Bank Perkreditan Syariah.
KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM STUDI KEUANGAN DAN PERBANKAN
Lulusan Program Studi Keuangan dan Perbankan Polines mempunyai:
1. Kemampuan dalam memberikan informasi serta melakukan penjualan produk dan jasa perbankan.
2. Kemampuan mengelola rekening bank, melayani transaksi bank dan kliring, dalam rupiah dan valas
3. Kemampuan melayani aplikasi da administrasi transaksi L/C ekspor impor serta pemeriksaan dokumen
4. Kemampua membuat aplikasi kredit dan memproses administrasinya
5. Kemampuan menganalisis dan melaporkan posisi financial cabang maupun rekening nasabah
6. Kemampuan memerima order dari dealing room dan melakukan eksekusi serta input order
7. Kemmapuan memberikan informasi produk dan kegiatan investasi beserta peraturan yang ditetapkan di pasar modal.
8. Kemampuan menjelaskan instrumen dan mekanisme lalu lintas pembayaran dalam&luar negeri
9. Kemampuan memahami implementasi teknologi bank
10. Kemampuan berkomuniikasi baik secara lisan dan tulisan dalam bahasa inggris.
Profil Pekerjaan :
Customer service, teller, account officer, analis kredit (credit analyst), qdministrasi kredit, supervisor kredit, asisten manajer pemasaran dan operasional, funding officer, supervisor administrasi kredit, supervisor pelayanan dana dan jasa (DJS), dealer
.
Kurikulum :
No. | Mata Kuliah | Paket Semester | Jumlah SKS | |
Kode | Nama | |||
1 | 342-101-101 | Kewarganegaraan/Pancasila | 1 | 2 |
2 | 342-101-102 | Agama | 1 | 2 |
3 | 342-101-103 | Bahasa Inggris 1 | 1 | 2 |
4 | 342-101-104 | Matematika | 1 | 3 |
5 | 342-101-105 | Statistik Deskriptif | 1 | 4 |
6 | 342-101-106 | Pengantar Ilmu ekonomi | 1 | 3 |
7 | 342-101-107 | Pengantar Manajemen | 1 | 2 |
8 | 342-101-108 | Akuntansi Pengantar | 1 | 3 |
9 | 342-101-201 | Kewiraan | 2 | 2 |
10 | 342-101-202 | Bahasa Indonesia Terapan | 2 | 2 |
11 | 342-101-203 | Bahasa Inggris 2 | 2 | 2 |
12 | 342-101-204 | Ekonomi Moneter | 2 | 2 |
13 | 342-101-205 | Sistim Kelembagaan Keuangan | 2 | 2 |
14 | 342-101-206 | Akuntansi Keuangan | 2 | 3 |
15 | 342-101-207 | Akuntansi Bank | 2 | 3 |
16 | 342-101-208 | Pengantar Komputer | 2 | 3 |
17 | 342-101-209 | Praktek Akuntansi Pengantar | 2 | 2 |
18 | 342-101-301 | Bahasa Inggris Bisnis 1 | 3 | 2 |
19 | 342-101-302 | Manajemen Dana Bank | 3 | 2 |
20 | 342-101-303 | Manajemen Keuangan | 3 | 2 |
21 | 342-101-304 | Komunikasi Bisnis | 3 | 2 |
22 | 342-101-305 | Produk dan Jasa Bank | 3 | 2 |
23 | 342-101-306 | Etika Pelayanan Jasa | 3 | 2 |
24 | 342-101-307 | Lalin Pembayaran Dalam Negeri/Luar Negeri | 3 | 2 |
25 | 342-101-308 | Praktek Akuntansi Bank | 3 | 2 |
26 | 342-101-309 | Aplikasi Komputer Keuangan 1 | 3 | 3 |
27 | 342-101-401 | Bahasa Inggris Bisnis 2 | 4 | 2 |
28 | 342-101-402 | Methodologi Penelitian | 4 | 2 |
29 | 342-101-403 | Analisa Laporan Keuangan | 4 | 2 |
30 | 342-101-404 | Manajemen Perkreditan | 4 | 3 |
31 | 342-101-405 | Pengantar Perbankan Syariah | 4 | 2 |
32 | 342-101-406 | Pemasaran Jasa Keuangan | 4 | 3 |
33 | 342-101-407 | Perpajakan | 4 | 3 |
34 | 342-101-408 | Praktek Perbankan 1 | 4 | 3 |
35 | 342-101-501 | Bahasa Inggris Bisnis 3 | 5 | 2 |
36 | 342-101-502 | Kewirausahaan | 5 | 2 |
37 | 342-101-503 | Pasar Modal | 5 | 3 |
38 | 342-101-504 | Akuntansi Bank Syariah | 5 | 2 |
39 | 342-101-505 | Aspek Hukum Bisnis & Bank | 5 | 2 |
40 | 342-101-506 | Aplikasi Komputer Keuangan 2 | 5 | 3 |
41 | 342-101-507 | Praktek Perbankan 2 | 5 | 3 |
42 | 342-101-508 | Praktek Mgt Keuangan & Analisa Laporan Keuangan | 5 | 2 |
43 | 342-101-601 | Service Exellent | 6 | 2 |
44 | 342-101-602 | Teknologi Administrasi Bank | 6 | 2 |
45 | 342-101-603 | Manajemen Risiko | 6 | 2 |
46 | 342-101-604 | Auditing | 6 | 2 |
47 | 342-101-605 | PKL/Magang | 6 | 5 |
48 | 342-101-606 | Tugas Akhir (TA) | 6 | 4 |